Tiga Partai Besar Gerindra, Nasdem Dan Demokrat Bakal Berkoalisi Pada Pilkada 2024 Di Sulsel

ASWAR
Sabtu, 20 April 2024, April 20, 2024 WIB Last Updated 2024-04-20T04:09:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, SULSEL - Tiga partai besar yakni Gerindra, NasDem dan Demokrat dikabarkan bakal berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan dihelat pada November mendatang khususnya di Sulawesi Selatan, Jumat (19/04/2024).

Kabar tersebut mencuat setelah foto Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawansyah Muin, Setua Demokrat Sulsel, Nikmatullah dan Sekretaris NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif beredar dengan menyatukan tangan berpose salam komando.

Dikutip dari Tempo.co, sebelumnya Ketua DPD I Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras bersama Ketua DPW Partai NasDem Rusdi Masse (RMS) melakukan pertemuan untuk saling menjajaki peluang kerja sama atau koalisi di Pilkada 2024 baik untuk gubernur, bupati dan walikota di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

“Sebagai sahabat, saya dan Pak RMS (Rusdi Masse) sudah bertemu membahas pilgub (pemilihan gubernur), pilbup (pemilihan bupati) dan pilwali (pemilihan wali kota), tapi kita ngomong santai,” Ketua DPD I Partai Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras di Makassar, Kamis (18/04/2024) kemarin.

Wakil Ketua DPW Nasdem Sulsel Bidang Media Mustaqim Musma mengatakan pertemuan tersebut memang membahas peta politik di Sulsel.

Sementara Ketua NasDem DPD Luwu, Arham Basmin Mattayang (ABM) yang juga maju sebagai calon Bupati Luwu di Pilkada nanti saat dikonfirmasi belum memberikan jawaban pasti. “Untuk berkoalisi dengan kedua partai yang dimaksud, bisa jadi, kita lihat perkembangan selanjutnya.” singkatnya.

Diketahui, berdasarkan jumlah perolehan kursi DPRD Sulsel saat pemilu kemarin, Partai NasDem berhasil memenangkan pemilu dengan perolehan 17 kursi.

Sementara untuk Luwu Raya, Partai NasDem menjadi pemenang pemilu di dua Kabupaten dan satu kota.

Di Kabupaten Luwu memperoleh 6 kursi, Kota Palopo juga memperoleh 6 kursi, dan terakhir Kabupaten Luwu Utara, Partai NasDem juga menjadi pemenang pemilu dengan perolehan 6 kursi.

Terakhir di Kabupaten Luwu Timur, meski bukan pemenang pemilu 2024 di daerah itu, Partai NasDem berhasil menambah 1 kursi yang sebelumnya 6 menjadi 7 kursi di DPRD Luwu Timur.


Gusty
Komentar

Tampilkan

Terkini