Diduga Menyebarkan Berita Bohong Tentang Sejarah, Akun Facebook Info Sumsel Terancam Dilaporkan Warga.

ASWAR
Selasa, 11 Juni 2024, Juni 11, 2024 WIB Last Updated 2024-06-26T07:23:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.IDSUM-SEL - Walaupun sudah di hapus berita tentang sejarah diakun facebook info sumatera selatan dengan judul Mengenal Desa Tanjung Tambak, yang  tayang beberapa pekan lalu menjadi topik utama pembicaraan warga desa Tanjung tambak dan tanjung tambak baru.

Pasalnya akun facebook tersebut merilis tentang sejarah berdirinya desa Tanjung Tambak serta memberikan sejarah yang penemuan sebuah makam atas nama desa Tanjung Tambak yang diangap oleh warga menyebarkan berita yang kurang tepat (asal-asalan) sehingga membuat masyarakat geram dengan informasi yang telah beredar luas tersebut.

Salah satu warga desa tanjung tambak (MW) 60 tahun mengatakan yang didalam isi sejarah yang ditulis dan di-share (disebarluaskan) di facebook info Sumsel tersebut tidak benar terlalu mengada-ada.

“Iya heboh dusun Kita Sekarang karna ada yang menulis sejarah desa Kita ini asal-asalan, banyak anak-anak jaman sekarang yang tidak tau menahu tentang sejarah ini ikut-ikutan memviralkan (share),” ujarnya Sabtu (09/06/2024) siang.

Hal senada juga di ungkapkan oleh mantan kepala desa Tanjung Tambak (BR) saat dikonfirmasi oleh awak media ia mengatakan berita yang beredar tersebut keliru dan mempertanyakan sumber keabsahan berita tersebut.

“Sejarah cerita yang menamakan nama desa tanjung tambak bukan itu, itu dijaman para gede munyang biloni (para nenek moyang dahulu),” ujar dia dengan tegas.

Mantan kepala desa (BR) mengatakan jika membuat suatu berita apalagi tentang sejarah sebuah desa dan akan menyebar luaskan nya harus dengan narasumber yang jelas.

“harus ada narasumber asli warga setempat dan juga harus tau tentang sejarah desa nya,” ungkapnya.

Ditempat yang berbeda (MP) mengatakan setelah membaca berita sejarah tentang desa tanjung tambak di akun facebook info sumatera selatan membuat dirinya bertanya sekaligus mempertanyakan keabsahan dari media tersebut.

“Buat aku betanya-tanya apakah akun ini resmi terdaftar untuk suatu penyiaran atau abal-abal, yang bersangkutan tidak mau mengangkat telpon saat saya konfirmasi hanya membalas melalui pesan whatsapp dengan jawaban tidak bisa ditelpon alasan hari sudah malam dan yang lebih menggelitik lagi nomor wa saya di blokir-nya kelihatan sekali itu akun tak bertangung jawab,” ujarnya sambil tertawa.

Terkait kegaduhan yang ada di desa tanjung tambak Kepala desa Baijuri IB berpesan kepada warganya khusus nya anak-anak muda yang ada didesa ini untuk lebih bijak lagi menggunakan sosial media apalagi hal yang tidak diketahui.

“saya berharap kepada warga desa tanjung tambak berhati-hati mengunakan sosial media Jagan ikut-ikutan memviralkan hal yang tidak kita ketahui takutnya salah,”.

Baijuri menambahkan tidak ada salah nya mengenalkan atau pun membuat konten tentang desa ini namun dengan sejarah yang jelas dan benar.

“kami berharap siapapun itu jika mau membuat konten ataupun menulis cerita tentang sejarah desa tanjung tambak ini kami harapkan mengkonfirmasi dengan orang yang benar-benar paham tentang sejarah desa tanjung tambak ini itu pun Jagan satu orang carilah Narasumber empat sampai lima (4-5) orang, Sejarah desa inikan harta warisan nenek moyang yang harus di jaga ke aslianya ,”ujarnya Selasa (11/06/2024) pagi.

Sementara itu akun fecebook info sumatera selatan saat dikonfirmasi awak media di nomor hp/wa 0823990*****4 tidak ada jawaban hanya dilihat saja kemudian nomor Whatapp tersebut sudah tidak aktif lagi hingga berita ini diterbitkan.



Juliansyah
Komentar

Tampilkan

Terkini