Hadiri Ikrar Netralitas, Ramzi Berharap Pilkada 2024 Berlangsung Adil Tanpa Ada Pandangan Politik Yang Memihak

ASWAR
Rabu, 14 Agustus 2024, Agustus 14, 2024 WIB Last Updated 2024-08-14T13:53:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, MAKASSAR - DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Makassar menghadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilihan bertajuk "Deklarasi Komitmen Netralitas ASN, TNI-Polri Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2024". Bertempat di Ballroom Horison Ultima Hotel Jl. Jend. Sudirman Kota Makassar, Senin (12/8/2024).

Berlangsung dengan penuh hikmah, kegiatan yang diinisiasi oleh Bawaslu Makassar dihadiri oleh Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Dr. Mokhamad Ngajib, SIK, MH dan jajarannya, Dandim 1408/Makassar Kolonel Inf. Lizardo Gumay, SH, MM, M.I.Pol beserta jajaran, Pj Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra, perwakilan Polres Pelabuhan Makassar, Kejaksaan Kota Makassar, Sekretariat DPRD Kota Makassar, perwakilan Inspektorat Kota Makassar dan perwakilan Instansi seKota Makassar serta partai politik.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Makassar Dede Arwinsyah, SH, MH menyampaikan, jelang perhelatan Pilkada tahun 2024, para ASN, TNI-Polri akan mendeklarasikan diri dalam ikrar netralitasnya menjalankan tugas-tugas pemerintahan tanpa preferensi politik.

"Selain dari penyelenggara pemilu itu sendiri, netralitas ASN, TNI-Polri sebagai penyelenggara di bidang pemerintahan harus punya komitmen dan betul-betul mampu menjunjung tinggi profesionalisme dalam menjaga integritas proses demokrasi," kata Dede Arwinsyah.

Kegiatan ini merupakan sinyal atau penanda sebagai langkah pencegahan. "Saya meyakini bahwa sukses tidaknya suatu pemilihan itu tergantung dari bagaimana kita menyikapi persoalan yang terjadi.

Kalau dari sisi keamanan menurut Ketua Bawaslu, Pemilu di Februari 2024 kemarin, Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar berada pada peringkat dua se Indonesia. Ini semua tidak terlepas dari dukungan serta partisipasi dari seluruh stakeholder baik dari pihak pemerintah maupun penyelenggara.

Lebih lanjut kata Dede, pihaknya telah berkomitmen ketika ada anggota kami baik di tingkatan bawah hingga TPS tidak menjunjung sikap netralitas akan kita tindak secara tegas.

"Kita sudah menyampaikan himbauan dan bersosialisasi mulai dari tingkatan Camat, Lurah sampai kepada Kepala Sekolah sebagai langkah awal upaya pencegahan terkait terkait netralitas ASN. Kalaupun masih ada yang mencoba bermain-main, maka kami secara tegas harus menegakkan regulasi dan penegakan hukum terkait hal tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Media dan Publikasi PSI Makassar Muh. Thalib Ramadhan, mewakili Ketua DPD PSI Makassar Israel Rante Lebang, ST sangat mengapresiasi sikap profesionalisme Bawaslu Kota Makassar dalam menjaga integritas proses demokrasi.

"Bawaslu sebagai pengawas dalam penyelenggaraan pemilu diharapkan dapat melaksanakan fungsi tugasnya tanpa ada pandangan politik yang memihak sehingga proses pelaksanaan Pilkada 2024 dapat terjaga integritasnya dan berlangsung adil, jujur dan damai," kunci lelaki yang akrab di sapa Ramzi.(*Rz)
Komentar

Tampilkan

Terkini