Husni Mubarak Ketua Asosiasi Sarana Air Bersih (SPAM) Sulsel Terus Berupaya Memenuhi Kebutuhan Air Bersih Untuk Warga

ASWAR
Rabu, 07 Agustus 2024, Agustus 07, 2024 WIB Last Updated 2024-08-07T02:13:56Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, MAKASSAR - Husni Mubarak  Ketua Asosiasi sarana air bersih (SPAM)  Sulawesi selatan akan terus berupaya memenuhi kebutuhan Air bersih untuk warga Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. 

Meski dalam pelaksanaannya banyak menuai pro dan kontra, namun kami tetap optimis bahwa apa yang kami lakukan ini untuk kepentingan masyatakat banyak terutama di titik yang belum terjangkau oleh PDAM. 

Sistem yang dan sarana yang kami gunakan tentu ber beda dari sistem PDAM meski tujuannya sama yaitu memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyatakat kota makassar, namun perlu di ketahui bahwa kami tidak hanya bergerak di kota makassar saja. 

Namun di seluruh wilayah sulawesi selatan,, jadi kami bergerak ke setiap daerah pelosok yang ada di sulsel ini melalui ketua asosiasi kami di daerah, karena kami di setiap daerah ada asosiasi yang bergerak mencari titik di mana masyarakat kekurangan air bersih. 

Untuk di wilayah kota makassar untuk saat ini masyarakat ujung tanah telah menikmati air bersih yang berasal dari sumur Bor yang kami buat di sana, Ucap Husni Mubarak pada saat di temui awak media. Pada Selasa 06/08/2024.

Perlu di ketahui bahwa yang membedakan sistem kami dengan PDAM, adalah dari segi sumber airnya, di mana kami menggunakan sumur Bor Dan pasilitas pengolahan yang memadai, sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan air bersih. 

Oleh karenanya saya sangat berharap adanya dukungan APBD  dari pemerintah kota maupun daerah, untuk membantu kami agar lebih mudah dan lebih maksimal dalam menyiapkan sarana air bersih, 

Kendati Asosiasi ini belum mendapat dukungan APBD dari pemerintah namun kami akan tetap menjalankan program kami yang telah ber komitmen untuk menyediakan sarana air bersih, seperti misalnya di kecamatan ujung tanah yang saat ini hasilnya telah di niakmati oleh masyarakat setempat. 

Namun perlu di ketahui bahwa sarana yang kami sediakan juga membutuhkan biaya maka dari itu kamipun memberlakukan penarikan retribusi kepada masyatakat yang menggunakan, air hasil yang di kelola oleh asosiasi (SPAM) 

Dalam pengelolaannya mulai dari penyiapan sumur Msin,, Tekhnisi,, dan lainnya, termasuk listrik itu semua membutuhkan biaya, yang cukup besar, Oleh karenanya sekali lagi saya sangat berharap adanya dukungan APBD dari pemerintah setempat sebagai penunjang kami dalam menhiapkan sarana air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Dalam Asosiasi SPAM PAMSIMAS ada Program INKMD Dan INKES yang melibatkan  masyarakat untuk ikut ber pastisipasi dan ber gotong royong dalam menyediakan sarana,, dalam penyediaan sarana, hal ini teelihat besar namun dananya terbilang kecil, 

Keterlibatan masyarakat tentu bukan secara cuma cuma "akan tetapi keterlibatan masyarakat akan kami hitung dalam bentuk Rupiah yang kemudian di akumulasikan kedalam penyiapan Sarana tersebut.



Arifin
Komentar

Tampilkan

Terkini