Kecamatan Mamajang Kota Makassar Hadirkan UMKM Fest Di Gelaran Pesta Rakyat Dalam Rangka Hut RI Ke - 79 Tahun

ASWAR
Jumat, 23 Agustus 2024, Agustus 23, 2024 WIB Last Updated 2024-08-23T03:08:38Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati puncak acara Hut RI ke - 79 tahun, Kecamatan Mamajang menggelar malam ramah tamah pesta rakyat yang berlangsung di PT.Berdikari, jalan Baji Minasa,Kota Makassar, Kamis, (22/08/2024).


Acara ramah tamah ini di hadiri langsung oleh Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto didampingi Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail, Unsur Tripika, para Lurah, LPM, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, Tokoh agama, dan RT/RW serta masyarakat sekecamatan Mamajang.


Dalam sambutannya yang sekaligus ikut menyemarakkan pesta rakyat, Danny Pomanto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencerdaskan masyarakat dalam menyambut Pilkada serentak 2024.

“Dalam pertarungan Pilkada nanti mari kita cerdaskan masyarakat dan berkompetisi secara sehat,” kata Danny Pomanto, 

Pada kesempatan yang sama, Walikota juga bercerita mengenai perjalanannya selama dua periode memimpin Makassar.

Bahwa tahun keempat pada periode kedua ini telah melewati banyak hal, banyak pembangunan, dengan melihat masa tugas itu, pesta rakyat kali ini dapat dikatakan menjadi pesta rakyat terakhir dalam tugasnya sebagai walikota Makassar 

"Dulu kita tidak punya CPI, tol layang, pelabuhan internasional atau New Port sekarang ada. Dulu insentif RTRW hanya Rp75 ribu tetapi saat ini sudah Rp1 juta karena PAD sudah Rp1 triliun, dan itu semua berkat kerja semua pihak, maka dengan itu saya ingin sampaikan terima kasih karena sudah bekerjasama selama dua periode ini." ujar Danny.


Sementara itu, Camat Mamajang Andi Irdan Pandita, S.Stp, MSi mengatakan, kegiatan pesta rakyat dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan, dimana kegiatan tahun ini ada UMKM Fest dan kami harapkan UMKM yang ada di Kecamatan Mamajang itu kami angkat, agar mereka bisa lebih berkembang dalam menjalankan usaha.


"Kegiatan tahun ini ada UMKM Fest dan kami harapkan UMKM yang ada di Kecamatan Mamajang itu kami angkat,promosikan agar mereka bisa lebih berkembang dalam menjalankan usaha" ujar Andi Irdan.


Dalam kegiatan Umkm Fest ini tenan berjumlah 13 milik pedagang di masing-masing kelurahan turut meramaikan acara Pesta Rakyat.
Dimana, para pelaku usaha yang hadir dengan membawa produk masing-masing tidak di pungut biaya termasuk tenan dan tempat, semua gratis dari kecamatan.

“Ini sudah menjadi konsep utama kami dan Alhamdulillah mereka sangat senang, jualan mereka sudah banyak yang laku,” terangnya.

Lebih lanjut Camat Mamajang Andi Irdan Pandita, mengaku,  bahwa pihaknya mengupayakan agar UMKM ini bukan hanya produk saja, tapi bisa bersinergi dengan SKPD lain agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

"Kami berupaya agar UMKM ini bukan hanya produk saja tapi bisa bersinergi dengan SKPD lain, jadi kami keliling ke wilayah untuk melihat UMKM di masing-masing kelurahan agar apa yang menjadi kekurangan dan kami coba sinergikan dengan SKPD lain agar mereka bisa lebih baik lagi kedepannya" ungkapnya.

Menurut Andi Irdan, dimalam ramah tamah dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke -79 ini, uga di isi dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba diantaranya Lomba Lorong Wisata, Lomba Rumah Ibadah, Lomba Pos Kamling dan lainnya


Dalam Kegiatan lomba-lomba ini kata Andi Irdan, berupaya untuk diselingi dengan program pemerintah, salah satu program yakni  “Pak Camat Menyapa” dimana program ini sudah terlaksana di 13 Kelurahan.


Dengan adanya program “Pak Camat Menyapa” ini, banyak masalah-masalah yang ada di wilayah belum sempat tersampaikan  pihak kecamatan langsung  turun kebawah, sehingga masalah itu bisa terprogram kedepannya.

“Jadi kami berupaya pula bagaimana lomba-lomba ini diselingi dengan program pemerintah dan kami juga punya program “Pak Camat Menyapa” dimana program ini sudah kami laksanakan di 13 Kelurahan dan banyak masalah-masalah yang ada di wilayah belum sempat tersampaikan, dengan adanya program “Pak Camat Menyapa” kami turun kebawah bersama semua Kepala Seksi, Sekcam sehingga masalah itu bisa terprogram kedepannya,”terangnya.

Andi Irdan berharap Kecamatan Mamajang kedepan bisa lebih baik lagi dengan berkolaborasi dengan stakeholder terkait agar bisa menjembatani ke SKPD terkait agar masalah yang ada dapat dijadikan solusi yang baik. 

"Kami berharap Kecamatan Mamajang kedepan bisa lebih baik lagi,dengan terus berkolaborasi dengan stakeholder terkait agar bisa menjembatani ke SKPD terkait agar masalah yang ada dapat dijadikan solusi yang baik serta mengajak masyarakat bersama-sama membangun Kecamatan Mamajang dengan bersatu, bersinergi untuk lebih baik kedepan." Kata andi Irdan.



NiarChandra
Komentar

Tampilkan

Terkini