Masyarakat Kaltara Banjiri Deklarasi Pasangan ZIAP Bersama 12 Parpol di Pekarangan Hotel Pangeran Khar dan Tugu Cinta Damai

ASWAR
Jumat, 30 Agustus 2024, Agustus 30, 2024 WIB Last Updated 2024-08-30T14:32:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, TANJUNG SELOR - Pasangan Zainal Arifin Paliwang dan Ingkong Ala (ZIAP) yang diusung dan didukung 12 partai politik (parpol) maju bertarung pada Pilkada Serentak 2024 sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Periode 2024-2029, menggelar deklarasi di 2 (dua) tempat yakni di titik kumpul dalam pekarangan Hotel Khar dan kemudian berlanjut di area Tugu Cinta Damai, Kota Tanjung Selor, Kamis (29/08/2024).

Sejak pagi sekitar pukul 07.00 Wita masyarakat sudah berdatangan dari berbagai pelosok daerah di Kaltara dan membanjiri pekarangan Hotel Pangeran Khar maupun di area sekitar Tugu Cinta Damai. Mereka mengenakan datang dengan mengenakan pakaian daerahnya serta menggunakan sarana transportasi kendaraan mobil dan motor, speedboat, hingga perahu ketinting dari daerah hulu di wilayah Kaltara.

Di halaman Hotel Khar, massa yang bersesakan menikmati sajian pertunjukan beragam musik daerah Kaltara, Sulawesi dan bahkan budaya maupun musik etnis Tionghoa yang menampilkan atraksi barongsai. Fantastisnya lagi di area tersebut tampak bertebaran kios-kios jajanan para pelaku UMKM yang dapat dinikmati sepuasnya oleh seluruh pengunjung deklarasi secara gratis dan menjadi tanggungan Zainal Arifin Paliwang.

Terharu melihat antusias dan sambutan luar biasa yang ditunjukkan masyarakat dalam menghadiri hajatan deklarasi itu, pasangan Zainal-Ingkong dengan disaksikan ribuan pasang mata warga Kaltara secara tegas mendeklarasikan maju sebagai Cagub dan Cawagub Provinsi Kaltara 2024-2029. Keduanya juga menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan dan memenangkan Pilkada Kaltara 2024 serta berjanji kedepannya akan membawa provinsi ini menjadi lebih maju dan sejahtera.

Selesai berorasi memaparkan seabrek program andalannya yang bakal digebrak pada periode kepemimpinan lima tahun kedepan (2024-2029), Zainal yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra bersama Ingkong sebagai Ketua DPD Partai Hanura dikawal oleh para pimpinan serta pengurus dari 12 parpol pengusung/pendukungnya serta ribuan masyarakat di titik kumpul Hotel Khar bergeser ke area depan Tugu Cinta Damai bergabung dengan massa yang telah berkumpul di tempat itu.

Sebanyak 12 pimpinan parpol pengusung/pendukung kemudian mendeklarasikan usungan/dukungan kepada Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur, Zainal Arifin Paliwang-Ingkong Ala untuk maju bertarung di Pilkada Kaltara 2024. Teks deklarasi parpol koalisi pengusung/pendukung paslon dengan akronim ZIAP ini dibacakan oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kaltara, Syarwani dan diikuti seluruh ketua dan sekretaris pengurus partai, kader, simpatisan, relawan serta ribuan massa yang terus meluber memadati area sekitar Tugu Cinta Damai.

Isi naskah deklarasi itu menyatakan, pertama, setia dan menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Kedua, mendukung dan penyukseskan pelaksanaan Pilkada Provinsi Kaltara 2024 yang kondusif, aman, damai, dan sejuk. Ketiga, mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Keempat, tidak akan melakukan kampanye hitam dan berita hoax. Kelima, kami berkomitmen akan memperjuangkan dan memenangkan pasangan Zainal-Ingkong (ZIAP) pilihanku di Pilkada Provinsi Kaltara periode 2024-2029.

Naskah deklarasi tersebut kemudian ditandatangani oleh para pimpinan dari 12 partai pengusung/pendukung ZIAP yakni Gerindra, Golkar, Hanura, Nasdem, PKS, PSI, Gelora, PBB, Perindo, PKN, Garuda, dan Buruh. "Terima kasih buat seluruh parpol pengusung dan pendukung atas dukungannya. Kita akan menuju Kaltara yang hebat, Kaltara yang makmur, Kaltara yang sejahtera. Saya wakafkan diri dan jiwa saya untuk Kaltara," lantang Zainal dalam sambutannya usai penandatanganan naskah deklarasi.

Menurut Zainal lagi, dirinya bersama Ingkong sudah siap bekerja untuk mewujudkan Kaltara yang lebih baik. Ini agar masyarakat dapat merasakan manfaat pembangunan, serta kebijakan yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat. "Saya bersama Ingkong beserta seluruh parpol koalisi sudah memiliki komitmen untuk membangun Kalimantan Utara. Satu periode kepemimpinan saya, harus dilanjutkan agar program yang baik bisa berkelanjutan," tandasnya.

Sementara Ingkong ketika memberikan sambutan menegaskan, pasangan ZIAP mampu dan paham terhadap persoalan Kaltara. "Soal masalah menguasai daerah ini, saya dan pak Zainal sudah menguasai betul. Bahkan sampai ke pelosok pun kita paham. Kami sudah punya komitmen yang sama untuk memenuhi semua harapan dan keinginan masyarakat. Aspirasi rakyat Kaltara kelak kita perjuangkan," pungkasnya.

Setelah mengikuti prosesi deklarasi, pasangan dengan jargon ZIAP ini selanjutnya bergerak meninggalkan area Tugu Cinta Damai dan berjalan kaki menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara di Jl Sengkawit, Tanjung Selor, Bulungan, untuk mendaftarkan diri. Didampingi pimpinan 12 partai koalisi, kader, relawan dan simpatisan ZIAP dari lintas etnis, Zainal-Ingkong tiba di kantor KPU Kaltara sekira pukul 11.06 Wita.

Kedatangan pasangan ZIAP ini disambut oleh Komisioner KPU Kaltara beserta staf sekretariat dan tampak pula hadir anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kaltara. Usai melewati serangkaian acara, Zainal dan Ingkong melakukan pendaftaran yang ditandai dengan menyerahkan dokumen kelengkapannya kepada Ketua KPU Provinsi Kaltara untuk diverifikasi hingga akhirnya dinyatakan lengkap dan diterima. 



(jw)
Komentar

Tampilkan

Terkini