Cegah Banjir, Kolaborasi Anggota TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat Lakukan Bersih-Bersih Kanal

ASWAR
Sabtu, 19 Oktober 2024, Oktober 19, 2024 WIB Last Updated 2024-10-19T08:59:25Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, MAKASSAR - Sinergitas Anggota Koramil 1408-06/Mamajang - Polri bersama unsur Pemerintah Kec. Mamajang dan warga melaksanakan kegiatan Karya bakti pembersihan saluran air disepanjang Kanal Pasar Pamus Jalan Opu Daeng Siradju Kota Makassar, Sabtu (19/10/2024).

Nampak dari pantauan media ini, Danramil 1408-06/Mamajang Kapten Arh H Jamaluddin, SE, M.Pd ikut turun nyemplung ke kanal untuk membersihkan tumpukan sampah hingga lumpur.

"Pagi ini kita menggelar Karya bakti pembersihan kanal, dalam kegiatan tersebut antusias Anggota Babinsa bersama Satgas kebersihan dan warga dengan penuh semangat membersihkan tumpukan sampah yang memenuhi saluran air kanal," kata Danramil 1408-06/Mamajang Kapten Arh H Jamaluddin.
Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, lanjut Kapten H. Jamaluddin, untuk mencegah munculnya berbagai penyakit. Selain itu juga sebagai langkah dalam mengantisipasi terjadinya banjir saat musim penghujan.

Menurutnya, apa yang dilakukan ini merupakan rangsangan dari kepedulian yang diberikan oleh Anggota TNI AD dalam mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. 

"Jadi, selain dapat memupuk rasa kebersamaan, gelaran aksi ini juga diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang, bersih serta asri. Dengan begitu masyarakat pun dapat tinggal di lingkungan yang sehat dan bisa beraktivitas dengan baik," tutupnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kel. Sambung Jawa Aiptu Muhlis Syam sangat mengapresiasi adanya soliditas dan kolaborasi TNI-Polri, Pemerintah dan komponen masyarakat.

Melalui karya bakti yang dilaksanakan secara bersama-sama ini, Aiptu Muhlis berharap ketika masuk musim penghujan tidak ada lagi yang namanya banjir. Terlepas itu, masyarakat juga akan terhindar dari segala penyakit sehingga bisa hidup dan beraktivitas lebih baik dan sehat," kuncinya.

Masih ditempat yang sama, Camat Mamajang Andi Irdan Pandita, S.STP, M.Si mengatakan kegiatan ini tidak hanya bersifat sementara tetapi akan terus berkesinambungan secara terjadwal.

"Sebelumnya, telah kita laksanakan aksi yang sama di Kel. Parang dan Pa' batang (18/10). Hari ini kita melaksanakannya kembali di wilayah Kel. Sambung Jawa Kec. Mamajang. Semoga dengan adanya pembersihan ini aliran air kanal dapat semakin lancar sehingga tidak mengakibatkan banjir lagi saat musim hujan tiba," kunci Andi Pandita.



(*Rz)
Komentar

Tampilkan

Terkini