Dorong Peningkatan Kompetensi Guru, Pemprov Sulsel Godok Pergub Beasiswa Pendidikan Bagi Guru

ASWAR
Selasa, 01 Oktober 2024, Oktober 01, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T13:47:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

PENAJURNALIS.MY.ID, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh mendorong peningkatan kapasitas guru-guru di Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya bagi guru SMA/sederajat Negeri yang menjadi kewenangan Pemprov Sulsel. Kamis (26/09/2024).


Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Iqbal Nadjamuddin saat melakukan paparan program Pemprov Sulsel di bidang pendidikan kepada para insan pers dalam Ngopi Bareng Bersama Tim Media di Kantor Dinas  Pendidikan Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan, Kamis 26 September 2024.


“Peningkatan kompetensi guru menjadi atensi dari bapak Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh. Dengan menyiapkan skema beasiswa pendidikan bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikan,” ujar Iqbal. 


Dalam memperkuat hal itu, Pemprov Sulsel tengah menggodok Peraturan Gubernur terkait hal itu. Dengan harapan agar dapat membantu Guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya. Sehingga akan meningkatkan kompetensi bagi guru. 


Iqbal memaparkan, bahwa saat ini guru di Sulsel didominasi oleh lulusan Sarjana Strata-1 (S1). “Kondisi sekarang, guru-guru kita yang tamatan S3 sekitar 0,19 persen. Tamatan S2 sekitar 16,12 persen atau 3 ribu guru. Sementara S1 sekitar 83 persen atau 17 ribu guru. 


Diharapkan hal ini akan mendorong minat guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga kualitas kompetensi guru bisa lebih baik lagi. 


Kadis Pendidikan Sulsel ini juga mengaku, bahwa tengah mempersiapkan program Dinas Pendidikan Mendengar. Dimana program ini, akan menjadi wadah berdiskusi dan meyampaikan masukan terkait pendidikan dari berbagai elemen. 


Dikesempatan ini pula, Disdik Sulsel juga memaparkan sejumlah rencana program lainnya di bidang pendidikan, termasuk percepatan penanganan anak tidak sekolah (ATS) di Sulsel.

Komentar

Tampilkan

Terkini