Soliditas TNI-Polri, Pemerintah dan Komponen Masyarakat Bersihkan Kanal Dari Tumpukan Sampah

ASWAR
Rabu, 09 Oktober 2024, Oktober 09, 2024 WIB Last Updated 2024-10-09T10:38:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
PENAJURNALIS.MY.ID, MAKASSAR - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Kodam XIV/Hasanuddin bersinergi dengan Polri, Pemerintah dan komponen masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan di seluruh sektor Komando Distrik Militer (Kodim) 1408/Makassar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI tahun 2024.

Kegiatan karya bakti pembersihan kanal yang berlangsung di Jalan Andi Jemma, Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Selasa (8/10), ini melibatkan 3.459 personel dari TNI-Polri dan sejumlah instansi terkait Pemerintah Kota diantaranya Satpol PP, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Satgas Kebersihan Kota Makassar dan komponen masyarakat.

Sebagaimana disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1408/Makassar Kolonel Inf Lizardo Gumay, SH, MM, M.I.Pol,. Selain untuk mencegah terjadinya genangan air atau banjir disaat musim penghujan tiba. Kegiatan karya bakti tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah munculnya berbagai penyakit seperti Malaria dan Demam Berdarah atau DBD yang ditimbulkan dari bau busuk tumpukkan sampah.

"Ini merupakan rangsangan wujud nyata Kemanunggalan TNI bersama rakyat di wilayah binaan agar senantiasa hadir untuk membantu masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih menuju keluarga yang lebih sehat dan terhindar dari segala macam penyakit," kata perwira menengah tertinggi berpangkat tiga melati emas.

Lanjut orang nomor satu di Kodim 1408/Makassar berharap, kegiatan ini dapat dilakukan secara terjadwal dan berkesinambungan sehingga bisa tercipta soliditas dan sinergitas yang baik terkhusus dalam mempererat hubungan silaturahmi antara TNI-Rakyat.

Ditempat yang sama, Personel Ditpolairud Polda Sulsel Prada Iman Ghozali, S.Pd juga berharap, kegiatan aksi sosial ini terus berkesinambungan dilakukan secara terjadwal, agar dapat memupuk rasa persatuan dan kebersamaan demi terciptanya lingkungan yang asri, bersih dan sehat.

"Selamat hari jadi TNI yang ke-79. Harapan saya semoga TNI semakin tangguh dalam mensukseskan setiap tugas dan tanggungjawab demi kedaulatan dan keutuhan NKRI. "TNI makin jaya serta dicintai oleh rakyat". Pungkasnya.

Diketahui, dalam rangka memperingati Dirgahayu TNI ke-79 ini, Kodim 1408/Makassar telah menggelar serangkaian kegiatan di seluruh sektor wilayah, diantaranya karya bakti pembersihan lingkungan kanal, penanaman pohon, bedah rumah, pembersihan pasar dan beberapa kegiatan sosial lainnya seperti bakti sosial, pengobatan massal serta donor darah.



(*Rz)
Komentar

Tampilkan

Terkini